Rabu, 07 Februari 2018

9 Tips Sebelum Liburan ke Aceh


Photo:christophmack.com


Kamu pasti sudah tahu, jika Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki keindahan yang menawan. Setiap sudut dan pulau di Indonesia memberikan pesonanya masing-masing dan dijamin mampu membuat kamu jatuh cinta.
Nah, jika kamu ingin liburan ke pulau yang terletak di bagian paling barat Indonesia yakni Aceh, kamu sebaiknya mempersiapkan secara matang. Pasalnya saking istimewanya, kota serambi mekah ini punya peraturannya tersendiri yang berbeda dengan daerah lainnya.
Berikut beberapa tips sebelum kamu liburan ke Aceh. Check this out!
  1. Pilih Sarana Transportasi yang Sesuai Isi Kantong
Yap, tips satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Sebenarnya tidak saat liburan ke Aceh saja kamu harus memilih sarana transportasi yang tepat. Namun alangkah baiknya, di semua destinasi liburan, kamu mempraktikkan tips ini.
Bagi kamu yang ingin liburan ke Aceh, tentunya moda transportasi yang dapat kamu gunakan cukup beragam. Bisa menggunakan pesawat terbang, bus antar provinsi, ataupun kapal laut.
Kamu yang traveling ke Aceh dengan pesawat terbang, kamu bisa mencarinya di situs tiket online yang terpercaya, seperti Reservasi.com. Di Reservasi.com kamu bisa reservasi Batik Air, Garuda Indonesia, serta maskapai lainnya dengan harga terbaik
Jangan lupa saat reservasi Batik Air atau maskapai penerbangan lainnya, pilihlah tanggal dan melakukan pembelian tiket dari jauh-jauh hari agar terhindar dari harga dan jadwal tiket yang tidak sesuai dengan perencanaan kamu.
  1. Pilih Penginapan yang Tepat
Bagi kamu yang ingin liburan ke Aceh, tenang saja, penginapan di sini sudah banyak dan tersebar cukup luas di setiap daerahnya. Kamu hanya membutuhkan informasi lokasi penginapan yang sesuai dengan budget dan tujuan utama kamu berkunjung kemari. Kamu juga dapat menggunakan sejumlah aplikasi, seperti Aplikasi Reservasi, untuk mendukung pencarian kamu terkait dengan penginapan murah yang ada di sini.
  1. Pakaian Rapi itu Wajib!
Saat liburan ke Aceh, kamu harus menggunakan pakaian yang rapi dan tertutup. Pada dasarnya Aceh jadi salah satu daerah yang menggunakan syariat Islam sebagai pedomannya. Jadi, untuk kamu para pelancong, diwajibkan untuk menghormati dan menghargai budaya setempat ini. Hindari celana pendek dan pakaian ketat, hal ini berlaku baik untuk pria dan wanita.
  1. Wanita Muslim Sebaiknya Gunakan Hijab
Bagi kamu wanita muslim dianjurkan untuk mengenakan hijab dan tentunya pakaian tertutup, sedangkan bagi kamu yang tidak beragama muslim sebaiknya menggunakan penutup kepala selama traveling di Aceh.
  1. Jangan Keluar di Atas Jam 22.00
Nah, ini penting banget ini! Saat kamu sedang traveling di Aceh, sebaiknya kamu tidak keluar rumah di atas jam 10 malam. Apalagi jika kamu keluar rumah tidak bersama istri/suami ataupun sanak saudara. Hati-hati kena razia!
  1. Bawalah Buku Nikah
Tips satu ini mungkin terdengar aneh bagi kamu, namun bagi kamu yang liburan ke Aceh bersama pasangan. Sebaiknya membawa buku nikah, agar mengantisipasi kecurigaan dari warga sekitar dan menjadi bukti kalau kamu dan pasangan sudah terikat dalam perkawinan yang sah.
  1. Tata Krama Duduk
Sebuah aturan baru juga telah diluncurkan di daerah Aceh. Bagi kamu yang ingin traveling ke Aceh, pastikan bahwa kamu memperhatikan posisi duduk kamu selama melakukan liburan ke daerah ini.
Pasalnya kamu dilarang untuk duduk dengan posisi kedua paha terbuka atau “mengangkang”. Selalu duduk dengan kedua lutut tertutup secara sopan bahkan untuk wanita yang dibonceng dengan sepeda motor adalah ketentuan yang berlaku di daerah ini.
  1. Buat Itenerari yang Matang
Aceh punya banyak sekali destinasi yang indah, sebut saja seperti Pulau Weh, Museum Tsunami Aceh, Pantai Ulee Lheu, Pantai Lampuuk, Taman Putroe Phang, Bukit Lhoknga, Sabang Hill, Pantai Iboih, Pantai Paneuh, Pantai Klah, serta berbagai destinasi lainnya.
Maka dari itu, setelah kamu menemukan situs tiket online yang terbaik dan reservasi Batik Air, Citilink, Lion Air atau maskapai penerbangan lainnya. Sebaiknya kamu membuat rencana perjalanan yang matang, yang berisi destinasi yang ingin kamu kunjung, jadwal berkunjung ke destinasi tersebut, hingga rute perjalanan untuk menuju ke sana.  
  1. Bawa Sunblock atau Sunscreen
Bagi kamu yang menghabiskan beberapa hari untuk liburan ke Aceh, jangan lupa untuk membawa sunblock atau sunscreen agar kulit kamu tidak terbakar selama melakukan perjalanan ke Aceh.
Terlebih lagi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif yang mudah terbakar, sunblock atau sunscreen harus jadi barang yang wajib sekali untuk dibawa. Selain membawa sunblock atau sunscreen, sebagai alternatif pelindung kepala agar tidak kepanasan, kamu juga bisa membawa topi.
Kamu punya tips lainnya yang belum ada dalam list di atas, langsung saja tambahkan pada kolom komentar di bawah ya atau kamu yang punya rekomendasi tempat makanan enak dan destinasi anti mainstream di Aceh bisa juga kamu tambahkan pada kolom komentar di bawah ini. Happy holiday!!

Tidak ada komentar:
Write komentar