Selasa, 20 Agustus 2019

Apa Itu SOP ? Memahami SOP Perusahaan Milik Negara


SOP atau standar operasional prosedur merupakan suatu hal yang sering kita dengar dalam berbagai pekerjaan. SOP merupakan pedoman atau acuan yang dapat digunakan oleh seluruh elemen pekerja dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Setiap perusahatentunya memiliki SOPnya masing-masing seperti perusahaan besar milik negara, dan perusahaan-perusahaan lainnya. Nah sekarang sudah faham kan apa itu SOP dan pentingnya penggunaan SOP?
Iya SOP memiliki fungsi yang sangat penting dalam mensukseskan setiap pekerjaan, SOP menjadi sebuah dokumen yang memuat pelaksanaan kegiatan atau pekerjaan. Selain itu, SOP juga memiliki berbagai fungsi yang diantaranya sebagai berikut:
1.    Sebagai bahan untuk mengevaluasi jika muncul hambatan atau kesulitan yang muncul.
2.    Sebai dasar hukum apabila terjadi kesalahan pekerjaan, penyimpangan, atau misanya terjadi malpraktik.
3.    Sebagai pedoman kerja yang menjadi pemacu kedisiplinan pegawai dalam melaksanakan tugas.
Nah itu dia fungsi daripada pembuatan SOP dalam sebuah pelaksanaan pekerjaan. Pada umumnya sebuah perusahaan atau lembaga akan membentuk SOP dengan format sesuai yang dibutuhkan atau sesuai dengan pekerjaan. Sebab SOP sendiri memiliki beragam format mulai dari SOP simple steps, hierarichal steps, graphic, dan juga flowchart. Semua format SOP pada umumnya dapat digunakan sesuai dengan model pekerjaan yang digarap.
SOP tentunya harus dibuat dengan teliti dan detail, sebab apabila terdapat kesalaha dalam pembuatan SOP, maka akan berakibat fatal terhadap perusahaan tersebut. Tidak sedikit perusahaan yang gagal karena kesalahan dalam membuat SOP. Nah untuk itu keberadaan SOP tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang kinerja sebuah perusahaan. Sebab dengan adanya SOP diharapkan para pekerja dapat menciptakan hasil yang lebih efektif dan efisien.
Perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan sekelas BUMN tentunya memiliki SOP yang kompleks. Seperti halnya adanya penetapan SOP untuk peraturan hedging pada perusahaan BUMN guna mengatasi kerugian negara terhadap utang-utang dengan mata uang asing di perusahaan BUMN pada tahun 2014 lalu. Penetapan SOP ini merujuk pada SOP yang akan menjadi bensmart. Penetapan SOP ini membuat kekhawatiran yang selama ini menjadi kerugian negara tidak akan terjadi lagi pada perusahaan miliki negara.
Selain itu, contoh SOP yang dikeluarkan oleh perusahaan milik negara lainnya adalah apa itu SOP atau pengelolaan aset yang tujuannya tentu untuk mengelola aset-aset yang dimilikinya. Dalam hal ini, sekiranya masing-masing BUMN ditargetkan untuk memuat SOP kerjasama yang paling menguntungkan, serta SOP yang mencerminkan aspek-aspek tata kelola pemerintah yang baik sehingga nantinya dapat menciptakan pengambilan keputusan bisnis ya tepat serta dapat dipertanggung jawabkan.
SOP dalam hal tersebut tentunya menjadi hal yang sangat penting terkait emanfaat aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan miliki negara. Sebab dalam perusahaan milik negara tentunya terdapat aset yang mungkin saja tidak lagi bermanfaat, dan aset ya tidak bermanfaat inilah yang kemudian akan menjadi beban dalam dunia bisnis serta dapat mengurangi keuntungan perusahaan.
Dalam hal ini tentunya pembuatan SOP haus jelas dalam mengatur tata cara pemanfaatan aset yang menyangkut kerjasama dengan pihak ketiga. Selain itu SOP pendayagunaan aset tentunya juga memiliki kedudukan yang penting sehubungan dengan adanya penghapus bukuan aset yang sudah tidak lagi produktif.
Nah itu dia beberapa contoh tentang SOP yang terjadi pada perusahaan milik negara. Jadi sudah tau kan apa itu SOP? Iya SOP menjadi pedoman maupn acuan yang sangat penting dalam menjalankan sebuah perusahaan.

Tidak ada komentar:
Write komentar