Senin, 24 Juli 2017

Bumbu Masak Rendang Asli Padang Gurih, Nikmat, Pedas yang Mantap



Bumbu masak rendang asli Padang yang gurih dan nikmat selalu dicari para chef rumah tangga yaitu ibu. Rendang padang asli Minang merupakan sajian masakan nusantara yang terkenal hingga ke dunia. Bahkan menurut website asal Inggris, berdasarkan poolingnya, rendang Padang terpilih sebagai makanan paling lezat di dunia. Jika makan rendang di rumah makan Padang pastilah sangat menggugah selera. 
 
Itulah mengapa para ibu rumah tangga mencari resep atau bumbu masak rendang asli Padang agar bisa membuat masakannya sama seperti di rumah makan Padang itu. Sebenarnya proses pembuatanya tidaklah sulit, mungkin saja takarang bumbu yang kurang pas, dapat menjadikan kualitas rasanya berkurang. Simak yuk resepnya di bawah ini!

foto:resepharian.com

Inilah Resep Rendang Asli Padang yang Gurih dan Nikmat

Bahan utama :
·         1,5 kg daging sapi
·         2 liter santan terbuat dari 2 butir kelapa tua

Bumbu Masak Rendang Padang Asli :
·         4 lembar daun jeruk purut
·         2 batang daun serai dimemarkan
·         2 cm asam kandis atau gelugur
·         2 lembar daun kunyit dan simpulkan

Bumbu yang harus dihaluskan :
·         6 siung bawang putih
·         12 siung bawang merah
·         5 butir kemiri
·         100 g cabe merah besar
·         100 g cabe merah keriting
·         2 cm jahe dibakar
·         2 cm lengkuas
·         3 cm kunyit dibakar
·         ½ sdm ketumbar
·         2 sdt garam
·         ½ sdt pala
·         1 sdt jintan disangrai
·         Penyedap rasa sesuai selera

Langkap Memasak :
·         Olah daging, bersihkan dan potong-potong berbentuk dadu dengan ukuran sesuai selera. Jangan potong terlalu kecil dan terlalu besar karena akan susah matangnya.
·         Tuangkan santan pada wajan yang berukuran besar yang sudah diletakkan pada kompor. Tambahkan serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit. Kemudian, aduk-aduk santan sampai mendidih, usahakan santan tidak pecah.
·         Setelah mendidih, masukkan bumbu yang dihaluskan sembari sesekali diaduk-aduk selama 20-30 menit.
·         Jika santan sudah nampak berminyak, masukkan potongan daging rendang dan masak dengan api kecil atau sedang sampai santannya mengental dan mengering. Pastikan bumbu-bumbu meresap ke dagingnya.
·         Masak terus sampai daging empuk dan matang secara merata. Terus saja mengaduknya supaya bagian dasar tak gosong dan dagingnya tepat bagus. Masak sampai matang.
Anda harus telaten, tekun dan sabar saat memasak rendang dengan bumbu masak Rendang Asli. Memang capek ketika mengaduknya, tapi itulah cara untuk menghasilkan masakan yang lezat.

Tidak ada komentar:
Write komentar